info seputar trenggalek
Bagaimana IST dapat membantu Perekonomian Trenggalek?
January 12, 2019

UMKM go Digital: Mulai dari mana?

umkm trenggalek

Indonesia menurut www.eMarketer.com pada tahun 2017 memiliki 112 juta pengguna internet dan pada tahun 2018 mencapai 123 juta. Angka tersebut terus berkembang setiap tahun, di dukung dengan pertumbuhan infrastruktur dan persaingan dipenjualan smart phone.

“Ponsel dan koneksi broadband mobile terjangkau mendorong pertumbuhan akses internet di negara-negara yang tidak bisa mengandalkan fixed line, entah karena masalah infrastruktur atau biaya,” ujar analis senior eMarketer, Monica Peart.

Berhitung sederhana, jika produk kami di beli oleh 1% saja dari jumlah pengguna internet diatas sudah lebih dari cukup hidup sehari-hari. Katakanlah kita berjualan produk konsumsi yang mungkin akan habis setiap 2 bulan. Perlu diketahui bahwa 1% dari 123jt adalah 1.230.000. Ketika kita mengambil profit Rp 1.000 per produk kita, maka kita dapatkan Rp 1.230.000.000. Jika nilai tersebut terlalu muluk, dapatkan saja 0,5% atau separuh dari nilai diatas yaitu Rp 615.000.000. Ternyata masih sangat cukup untuk kita bisa membantu orang lain.

Ini adalah kesempatan besar untuk pemilik UMKM mengembangkan sayap dengan biaya terjangkau. Pertanyaanya adalah mulai dari mana? Mulai dari mana untuk kita bisa tampil di dunia digital untuk menjangkau jutaan pengguna tadi?

1. Tulis profilmu
Sangat disayangkan ketika saya mencoba mencari tahu mengenai profile UMKM sangat jarang yang menuliskan dengan baik, bahkan di beberapa tulisan tidak ditemukan alamat nomor yang bisa di hubungi.

Gambar dari idntimes.com

Profil yang baik mungkin bisa dimulai dengan menuliskan merk yang UMKM miliki, seperti:

Super Jahe adalah produk unggulan dari UMKM Trenggalek yang saat ini sudah di produksi secara baik dan higienis. Melalui packaging yang menarik dan mudah dibawa kemana saja, bisa anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga dan orang-orang tersayang.

Super Jahe minuman instan yang akan menghangatkan hubungan anda dan mantan yang sudah lama tidak kembali.

Untuk pemesanan:
Ruko Jahe
Jl. Jahe Panas, No.3 Trenggalek
TLP: 085 259 60 3366

Jika anda bisa menuliskan lebih ringkas namun memiliki isi yang lebih lengkap maka akan jauh lebih baik, dalam hal ini kemampuan menulis kreatif sangat dibutuhkan.

2. Membuat website
Disini mungkin akan melangkah ke tahap yang sedikit sulit. Ada pertanyaan kenapa tidak di market place seperti BukaLapak atau TokoPedia? Website ini seperti ketika anda memiliki bangunan sendiri yang berisi produk anda, di market place seperti kita masuk pasar dan kita salah satu dari sederet pedagang yang sama. Dari sederet pedagang yang sama dengan produk yang sama satu-satunya jalan adalah perang harga, ketika calon pembeli berdiri didepan bedak anda dia masih bisa menoleh kanan kiri.

Jika kita memiliki website sendiri atau bangunan sendiri, kita bisa memasukkan informasi hanya produk kita. Calon pembeli menoleh kanan kiri hanya produk kita.

3. Sosial media
Sebagai salah satu media untuk menginformasikan siapa kita dan apa saja produk kita. Kita bisa menarik pengunjung website dari sosial media. Berbagai perkembangan produk, promo dan bahkan portofolio dapat kita bagikan lewat sosial media. Kunci dari operasional sosial media adalah konsistensi. Untuk sebuah perusahaan profesional mereka biasa membuat konten untuk sosial media 1x sehari bahkan 3x sehari dengan mengambil waktu pada jam-jam dimana pengguna internet tinggi.

4. Marketplace
Kita sudah tidak asing dengan marketplace seperti TokoPedia dan BukaLapak. Mereka adalah marketplace asli yang dikembangkan oleh putra terbaik Indonesia, team mereka membantu para UMKM untuk mendapatkan transaksi sehingga betah disana.

Didukung dengan aplikasi mobile memberikan kesempatan untuk kita mendapatkan notifikasi dimanapun dan kapanpun. Para pemilik UMKM yang memiliki kegiatan lain dan belum memiliki staff bisa tetap memantau akun penjualan.

Banyak orang berpandangan setelah membuat postingan di marketplace mereka selanjutnya hanya menunggu transaksi.

“Tidak semudah itu, Ferguso!”

Marketplace seperti pasar pada umumnya, pembeli yang pertama kali datang dipasar tidak mudah langsung menemukan bedak kita. Kreatifitas kita untuk mengundang dan menunjukkan letak bedak bisa menentukan tingkat penjualan.

5. Beriklan
Mungkin banyak dari kita sudah membagi modal untuk pembelian bahan produksi, alat produksi bahkan sewa tempat untuk berdagang. Tapi yang sering dilewatkan adalah biaya pemasaran atau lebih fokusnya beriklan. Sebuah usaha akan berjalan ketika ada penjualan dan salah satu cara untuk meningkatkan penjualan adalah beriklan, sebagai cara cepat untuk menjangkau dan memberitahukan calon konsumen tentang kita dan produk kita.

Untuk para UMKM Trenggalek, selalu belajar dan mengambil tindakan dari setiap hasil belajar. Konsistensi dan sikap tidak mudah menyerah kunci dari kesuksesan usaha yang kita bangun.

Yudha Prayogo Asmoro, S.Psi
Yudha Prayogo A., S.Psi
Yudha Prayogo A., S.Psi
Kita semua adalah pejuang, dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan ada orang yang sangat keras kepada dirinya sendiri. Sangat yakin, kita semua wajib berjuang keras untuk setiap pertumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *