Menolak Lupa, 5 Aksi Gila Caleg Gagal
December 24, 2018
Menjawab Pertanyaan anggota SUARA TRENGGALEK
January 7, 2019

Money Politic, Strategi Relevan di Trenggalek?

 

Pilpres dan Pileg semakin dekat, hawa panas kontestasi semakin terasa. Sosial media juga menjadi arena kampanye untuk mendulang suara. Di era teknologi sepertinya banyak ditemukan strategi yang lebih efisien dan ekonomis dengan cangkupan yang lebih besar. Namun apakah akan benar-benar mendulang suara? Belum tentu. Begitu juga dengan cara konvensional seperti memasangan banner, menyebar kaos atau mengerahkan orang untuk turun kerumah-rumah, tidak kepastian yang benar-benar bisa mengirim seseorang duduk di parlemen. Banyak faktor dibelakangnya. Lalu bagaimana dengan money politic?

“Masyarakat Trenggalek sudah sangat cerdas hari ini, money politic bukanlah hal yang akan membantu kabupaten ini menjadi lebih baik. Masyarakat Trenggalek tidak akan menghantarkan caleg yang menghalalkan segala cara hanya untuk menduduki posisi parlement,”
– Yudha Prayogo Asmoro, S.Psi (Caleg PSI Dapil 1 Kab. Trenggalek)

Kita akui money politic memiliki dampak yang kuat pada masanya, tidak sedikit yang menggunakan strategi ini. Korbannya banyak, bukan masyarakat tapi caleg itu sendiri. Serangan fajar bukan rahasia umum lagi, pagi hari sebelum proses pencoblosan ada orang-orang yang mendatangi rumah memberikan sejumlah uang dan “menyumpah” masyarakat untuk mencoblos caleg tertentu. Sebenarnya tetap seperti gambling, ternyata caleg yang menggunakan cara seperti itu tetap ada yang kalah. Jadi money politic masih bukan jaminan untuk menang.

BACA JUGA: Kenalan dengan salah satu Caleg muda Trenggalek

Dulu money politic mungkin masih kuat dampaknya, tapi melihat hari ini masyarakat Trenggalek lebih “jahil”. Setelah bertemu beberapa orang untuk berdiskusi banyak yang mengungkapkan “Ambil uangnya, jangan pilih orangnya”, dan ungkapan-ungkapan lain yang senada. Kurang “jahil” apa sekarang warga Trenggalek?

Masyarakat Trenggalek sudah sangat cerdas hari ini, money politic bukanlah hal yang akan membantu kabupaten ini menjadi lebih baik. Masyarakat Trenggalek tidak akan menghantarkan caleg yang menghalalkan segala cara untuk menduduki posisi parlemen. Kita tidak bisa mempercayakan Trenggalek kepada orang-orang seperti itu. Kita semua berharap ada adu opini, gagasan, pendapat dan visi misi. Kita lihat apakah ada motivasi yang jelas, apa yang ditawarkan dan bagaimana dia merealisasikannya merupakan poin penting untuk kemajuan Trenggalek.

Yudha Prayogo A., S.Psi
Yudha Prayogo A., S.Psi
Kita semua adalah pejuang, dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan ada orang yang sangat keras kepada dirinya sendiri. Sangat yakin, kita semua wajib berjuang keras untuk setiap pertumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *