Saran “keras” untuk para Jobseeker
August 21, 2018
Daftar anggota DPRD Kota Malang tersandung kasus korupsi
September 10, 2018

Maaf, masyarakat harus bekerja keras di Pileg 2019

Hasil survey mengenai DPR maupun DPRD hampir tidak ada yang positif. Tingkat kepercayaan masyarakat kepada DPR misalnya, masih sangat rendah. Bahkan Lembaga Survey Indonesia (LSI) Danny JA mengungkapkan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat pada DPR paling rendah jika dibandingkan dengan lembaga negara lainnya.

“Lembaga yang mengalami peningkatan kepuasan publik terkait kinerja hanya ada dua, yakni KPK dan Polri,” ujar Direktur Eksekutif Alvara Research Center Hasanuddin Ali saat memaparkan hasil survei di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (27/5/2018). Jika data diurutkan maka DPR masih menempati posisi buncit di antara 12 lembaga yang disurvei.

Banyaknya kasus korupsi yang melibatkan anggota DPR adalah alasan utama tingkat kepercayaan masyarakat menjadi rendah dibandingkan dengan lembaga-lembaga lain. Kasus korupsi ini tidak hanya DPR di tingkat nasional, melainkan juga DPRD provinsi dan daerah. Kasus terbaru adalah tertangkapnya 41 dari 45 anggota DPRD Kota Malang, ini akan menjadi tamparan keras bagi lembaga tersebut.

Pileg tahun 2019 harus menjadi langkah konkret masyarakat untuk memilih yang terbaik. Masyarakat yang kali ini harus bekerja keras mencari track record, visi dan misi yang ditawarkan calon wakil rakyatnya. Setelah ketemu, bantu mereka. Jangan sampai kalah dengan para calon legislatif yang menghalalkan segala cara.

Keputusan untuk menjadi golput adalah salah, karena mereka memiliki masa. Ketika kita tidak memilih, mereka menang dengan segilintir masa dan masyarakat yang bisa dibayar. Satu-satunya cara adalah arahkan suara kepada mereka yang menurut kalian baik. Percayalah sikap apatis tidak akan menyelesaikan ini semua, dari kasus-kasus yang terjadi harus menjadi social movement.

Yudha Prayogo A., S.Psi
Yudha Prayogo A., S.Psi
Kita semua adalah pejuang, dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan ada orang yang sangat keras kepada dirinya sendiri. Sangat yakin, kita semua wajib berjuang keras untuk setiap pertumbuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *